Pages

Jumat, 28 September 2012

AREMA INDONESIA

AREMA INDONESIA itulah julukan club asal malang yang lahir tanggal 11 agustus 1987. kami bukanlah suporter yang anarki. kami adalah suporter yang cinta damai. kami bukanlah suuatu ORGANISASI melainkan kami adalah KELUARGA


SEJARAH AREMA :

Zaman Galatama: 
  • Arema Aremania - Arema sendiri berdiri pada bulan Agustus 1987, dan saat itu juga Liga Indonesia terbagi menjadi dua bagian yakni, Liga Tim Semi-profesional yang diberi nama Galatama dan Liga Perserikatan. Ketika zaman Galatama itulah para supporter Arema atau Arema Aremania adalah suproter brutal karena bukan murni dari para pemuda Malang. Dan para pemuda Malang tersebut pun juga terbagi menjadi beberapa geng. Alhasil antar Arema Aremania pun sering terjadi kerusuhan karena egoisme.
  • Selama zaman itu persaingan keras antara suporter Surabaya dan Malang pun dimulai. Di Surabaya sering terjadi pengerusakan kendaraan yang berplat N dan sedangkan di Malang para Arema Aremania sering merusak kendaraan yang berplat L juga. 
  • Juga pada tahun 1992 ada semacam ‘sweeping’ menghadapi orang Surabaya di Malang. Polisi harus melaksanakan operasi agar aksi brutal itu dapat dicegah.
Serajah Ligina:
  • Akhirnya sekitar tahun 1990-an nama Aremania pun mulai dipakai sebagai julukan suporter Arema. Alhasil geng-geng yang bermacam-macam tersebut mulai luntur dan akhirnya terbentuklah Arema Aremania.
  • Pada tahun 1990-an ini juga para pesepak bola asing mulai bermain untuk klub-klub Indonesia. Dan akhirnya dua liga yakni Galatama dan Perserikatan disatukan menjadi Ligina. Dan klub-klub tersebut dibagi dalam 2 wilayah yakni wilayah timur, dan barat. Dan untuk menentukan juara Ligina ditentukan dengan putaran 'play-off'. Dan pihak Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) pun mulai berkeinginan untuk mengembangkan Liga untuk menjadi lebih profesional. 
  • Berkat dari beberapa tokoh Aremania, yang bertujuan untuk mempersatukan suporter Arema, dan akhirnya terbentuklah Arema Aremania. Dan hingga kini antar suporter Aremania menjadi rukun dan sportif.
  • Namun untuk pembentukan Arema Aremania sendiri mengalami hambatan. karena dua kelompok suporter yakni Aremania dan Surabya masih saling ricuh hingga sekarang. Dan pada Mei tahun 2001 lalu Arema Aremania sendiri sempat ricuh dengan supporter Surabaya di Sidoarjo, dan ini menjadi yang paling parah. 
Aremania: Bukan Organisasi
  • Persatuan Arema Aremania berdasarkan pada ide inklusif, yaitu bahwa semua suporter Arema bersaudara. Sistem ketertiban suporter tergantung pada pengurus suporter, Koordinator Wilayah atau korwil. Tokoh korwil adalah pengurus suporter di sebuah kampung atau daerah.
  • Para tkoh Korwil sendiri memiliki hubungan dekat dengan Polresta Malang, PS Arema, dan para RT setempat. Dan bila Arema Aremania berkeinginan untuk melihat pertandingan yang berada di luar Malang, diharuskan untuk meminta ijin. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerusuhan kembali.
  • Dan anggota Korwil yang membayar iuran akan mendapat dua kartu identitas Arema Aremania. Sedangkan para anggota Aremania akan mendapat tiket dari tokoh korwil dengan harga loket. Dan bila anggota supporter Aremania bersedia mengikuti berbagai pertandingan di berbagai tempat maka akan mendapat kartu identitas. 
  • Manfaat untuk para suporter adalah mereka menjadi sangat tertib di kandang sendiri atau di kota klub lawan. Karena sistem organisasi itu, ribuan suporter bisa datang ke Jakarta atau Gresik tanpa ada masalah serius apapun.
  • Karena tidak memiliki ketua umu dan anggota korwil yang sangat banyak inilah Aremania tidak bisa diorganisasikan. Dan juga menghindari penyalahgunaan Arema Aremania dari pihak tertentu. Bila Arema Aremania disalah gunakan maka persatuan tersebut akan hilang dan hancur.
Atraksi Pertandingan Arema
Suporter Arema telah membuat atraksi pertandingan selain pertandingan sepak bola itu sendiri. Yang tersebut dibawah ini adalah hal-hal yang terjadi sebelum dan selama berlangsungnya pertandingan:
  • 12.00 Daerah di sekitar stadion Gajayana kandang tim Singo Edan mulai didekati suporter.
  • 14.00 Sektor ekonomi mulai ramai sekali.
  • 14.30 Tribun VIP mulai ramai.
  • 15.00 Dirigen Aremania tiba di stadion. Di belakang gawang utara dirigennya bernama Yuli. Di gawang selatan dirigennya bernama Kapet. Mereka memulai semacam latihan sorak-sorai, lagu dan dansa yang terus berlangsung sampai akhir pertandingan.
  • 15.20 Pemain-pemain masuk lapangan untuk latihan. Nama setiap pemain dipanggil satu persatu oleh penyiar. Pemain Arema menerima tepuk tangan yang meriah.
  • 15.25 Penonton semua berdiri, mengangkat syalnya dan dengan kompak menyanyikan lagu ‘Padamu Negeri’.
  • 15.30 Permulaan pertandingan sepak bola. Di belakang gawang terjadi semacam pesta suporter. Ada beberapa pemain tambur yang membantu dirigen. Ada bermacam-macam lagu dinyanyikan suporter sambil menirukan gerak-gerik dirigen. Selama dansa itu, suporter melambaikan tangan dan syal atau bendera sambil melompat-lompat.
  • 17.30 Pertandingan telah berakhir dan Aremania pulang. Walaupun kalah Aremania tidak membuat kericuhan.
Aremanita: Kehadiran Arema Aremania Perempuan.
  • Selama berlangsungnya Ligina VIII di Stadion Gajayan tidak ada masalah yang lebih serius dari lemparan botol plastik.
  • Dan juga untuk Arema Aremania perempuan juga tidak masalah jika ikut hadir untuk mendukung Arema. Dan ini juga dimaksudkan untuk menghapus pendapat negatif tentang Arema Aremania perempuan yang ada di Malang.
 AREMANIA ASET TAK TERNILAI :

 

Dukungan Aremania terhadap Arema Indonesia dinilai merupakan aset yang tidak ternilai. Penilaian tersebut diungkapkan presiden klub Arema Indonesia Rendra Kresna setelah menyaksikan antusias suporter fanatik Singo Edan itu saat merayakan HUT Arema Indonesia yang ke-25.
"Aremania memang luar biasa. Mereka merupakan aset tak ternilai. Kalau saya nilai kebesaran Arema sama dengan kebesaran Aremania. Tidak ada bedanya. Itulah yang membuat Arema ini berbeda dengan klub-klub profesional lainnya di Indonesia," kata Rendra Kresna
Makanya, dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Aremania yang selama ini memberikan dukungan penuh pada tim Singo Edan. Sehingga klub kebanggaan arek Malang ini tetap eksis sampai saat ini.
Untuk itu, pria yang juga bupati Malang ini berharap Arema dalam perjalanannya ke depan tidak hanya menjadi klub yang profesional. Namun, juga menjadi klub yang maju dan mandiri.
Profesionalitas dan kemandirian klub Arema selama ini dikatakan dia sudah teruji. Alasannya, saat klub-klub lain masih banyak yang menggantungkan pendanaan pada APBD dan investor perorangan, Arema justru sudah selangkah lebih maju lepas dari semua itu.
Lewat pengelolaan yang profesional, kata dia, Arema mampu menggali dana sendiri tanpa tergantung pada instansi formal.  Itu semua, kata Rendra yang juga ketua DPD Golkar kabupaten Malang ini, berkat inovasi yang selama ini terus mengalir dan bermunculan dari manajemen Arema  dan Aremania.
"Terutama sekali tentunya adalah dukungan Aremania pada Arema yang luar biasa. Mereka benar-benar tidak hanya atraktif, namun juga apresiatif. Mereka paham betul tim yang mana harus mendapat dukungan dan layak didukung," katanya.
Karena itu selama ini dia mengaku tidak pernah berpikir ada berapa Arema di Malang.
"Sebab, Arema itu yang saya tahu hanya satu, yaitu yang mendapat dukungan riil dari Aremania. Makanya saya bangga pada Aremania yang cerdas, atraktif  dan inovatif dalam memberikan dukungannya pada Arema," pungkasnya.

editor : Addi nurcahyo

sumber : http://www.kabarsepakbola.info dan http://www.supporter-indonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar